Hasil Kegiatan Usaha Budi Jaya Tanaman Hias
sumber foto : http://eyzcyber.blogspot.co.id/2015/03/laporan-observasi-usaha-budidaya.html
Pemaparan
materi tentang wirausaha budi daya tanaman hias, sudah diberikan dengan
lengkap, yang didukung oleh hasil pengerjaan tugas dari setiap kelompok.
Presentasi kelompok akan produk budi daya tanaman hias juga memberikan
khazanah kekayaan keilmuan dan pengalaman pada teman-temannya di
kelompok lain.
Setelah
melewati rangkaian pembelajaran sebelumnya, diharapkan semua peserta
didik memahami dengan baik apa yang dimaksud dengan budi daya tanaman
hias, dan meyakini peluang akan usaha ini yang cukup baik.
Setiap
kelompok sudah mempunyai produk unggulan yang akan dijadikan tonggak
sejarah memulai masuk dunia wirausaha. Setiap kelompok sudah sangat
mengetahui dan menguasai produknya masing-masing, sudah membuat
perencanaan usahanya dengan baik, sudah memilih sistem pengolahan yang
tepat, dan sudah melakukan perhitungan biaya yang lengkap. Selain itu
juga, setiap kelompok sudah mempunyai strategi pemasaran yang terpilih.
Strategi
pemasaran ini tidak bisa dipisahkan dari pemilihan model distribusi
produk karena salah satu bagian penting dari sistem pemasaran produk.
Pemilihan model distribusi produk yang tepat akan sangat menentukan
keberhasilan penjualan produk ke pasaran.
Saluran
distribusi menjadi bagian penting dalam proses penyampaian produk dari
produsen kepada konsumen akhir. Sebagus apa pun produknya dan segencar
apa pun promosinya, tanpa pemilihan saluran distribusi yang tepat, tidak
akan membuat produk tersebut bisa sampai pada konsumen dan diterima
dengan baik oleh konsumen.
Saluran
distribusi terdiri atas beberapa rantai yang saling terkait dan
memengaruhi. Beberapa rantai tersebut antara lain adalah supplier, manufacturer, distributor dan retailer serta
pelanggan. Saat ini, rantai dan saluran distribusi tidak hanya
bertujuan untuk mengurangi biaya, tetapi lebih dari itu adalah untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga bisa dipastikan produk
terdistribusikan dengan baik sampai di tangan konsumen yang ditargetkan.
Rantai distribusi merupakan suatu jaringan dari organisasi value chain yang
menjalankan fungsi menghubungkan produsen dan konsumen. Kegiatan yang
dilakukan oleh para penyalur ini pada prinsipnya akan mengurangi
hubungan langsung antara produsen dan konsumen, yang secara tidak
langsung juga membagi tugas sehingga masing-masing fokus pada tugasnya.
Konsep
pemasaran langsung adalah konsep yang pertama akan dijalankan, saat
usaha baru dimulai karena pemasaran langsung merupakan model yang cukup
sederhana dan aman, serta tidak membutuhkan waktu dan modal yang banyak.
Perputaran keuangan juga bisa cepat dengan sistem ini karena tidak
terjadi penumpukan tagihan dan administrasi yang rumit. Untuk para
pengusaha pemula, pengaturan keuangan yang baik adalah kunci
keberhasilan, agar keuangan yang terbatas bisa terus berputas. Setelah
berkembang, untuk produk budi daya tanaman hias ini, baru bisa dicobakan
sistem pemasaran lainnya, sehingga jangkauan pasarnya akan semakin
luas, dan semakin berkembang.
Sumber : https://www.firde7.xyz/2017/01/prakarya-dan-kewirausahaan-perumusan.html
Komentar
Posting Komentar